Profil

Secara Geografis Kecamatan Leksono merupakan daerah pegunungan dengan luas wilayah 4.407,002 ha, atau 4,48% dari luas Kabupaten Wonosobo dan 132 km dari Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah (Semarang). Kecamatan Leksono merupakan salah satu dari 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo, terletak antara 7° 20’40” sampai 7° 26’ 47” Lintang selatan (LS) dan 109° 53’ 28” Bujur Timur (BT), dengan batas- batas wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah selatan      :          berbatasan dengan Kecamatan Kaliwiro;
  2. Sebelah utara          :          berbatasan dengan Kecamatan Watumalang;
  3. Sebelahtimur           :          berbatasan dengan Kecamatan Selomerto;
  4. Sebelah barat          :          berbatasan dengan Kecamatan Sukoharjo dan Kabupaten Banjarnegara;

 

Sesuai dengan keadaan daerah yang berbukit- bukit Kecamatan Leksono mempunyai ketinggian 400 s.d 800 m diatas permukaan laut dengan suhu udara antara 24 – 26 °C. Kecamatan Leksono beriklim tropis dengan dua musim dalam setahunnya yaitu musim kemarau dan musim penghujan dengan rata – rata curah hujan/ tahun : 3.376,160 mm. Berdasarkan hasil pemetaan tentang jenis tanah di wilayah Kecamatan Leksono dapat dibedakan menjadi dua macam jenis tanah yaitu tanah podsilid, dimana di Kecamatan Leksono hanya terdapat sekitar 14% dari keseluruhan jenis tanah dan jenis tanah dan jenis tanah yang paling banyak adalah tanah regosol yaitu sekitar 86% dari keseluruhan jenis tanah yang ada di Kecamatan Leksono. Pusat Pemerintahan Kecamatan Leksono berjarak 10 km dari IbuKota Kabupaten Wonosobo.Kecamatan Leksono terdiri dari 1 (satu) Kelurahan yaitu Kelurahan Leksono dan 13 Desa yaitu Desa Sawangan, Wonokerto, Jlamprang, Jonggolsari, Kalimendong, Manggis, Besani, Sojokerto, Timbang, Pacarmulyo, Durensawit, Selokromo, Lipursari.

 

Pengumuman

Peraturan Gubernur Jawa Tengah

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 56 Tahun 2019

Berlakunya Tanda Tangan Elektronik Untuk KK

Berlakunya Tanda Tangan Elektronik Untuk KK

Berlaku Mulai 1 Maret 2019

Statistik Pengunjung

Mari bersama-sama kita wujudkan Pemerintahan yang Bersih, Transparan dan Akuntabel, Katakan TIDAK untuk KORUPSI dan PUNGLI

Kontak Kami

Jl. Manggis No. 1 Leksono
Phone: (0286) 3320303
Email: kecamatanleksono@wonosobokab.go.id
Website: https://kecamatanleksono.wonosobokab.go.id